MASRURI

(M Vut Asmakhum Rmhk) biasa disapa Vut atau Emput, lahir di Indramayu, 28 Agustus 1965. Menulis sejak duduk di bangku SMP (puisi, cerpen, f...

Selengkapnya
Navigasi Web
Stop! Buang Barang Bekas Pakai
Handycrafts

Stop! Buang Barang Bekas Pakai

[email protected] – Apabila saat ini di rumah banyak memiliki barang-barang yang sudah tidak dipergunakan lagi. Stop! Jangan buru-buru membuat keputusan untuk membuangnya. Apalagi menjualnya ke tukang rongsokan. Sebab, barang-barang itu bisa menjadi benda yang bisa menimbulkan perbaikan mata pencaharian dengan cara melakukan daur ulang menjadi aneka bentuk kerajinan tangan yang memiliki nilai seni dan nilai ekonomi tinggi. Selain itu, secara langsung kegiatan ini memiliki kontribusi dalam mengurangi limbah rumah tangga yang menjadi salah satu permasalahan krusial nyaris takterpecahkan. Seyogyanya setiap individu telah memiliki kebiasaan untuk memanfaatkan barang-barang bekas pakai menjadi kerajinan tangan, maka lambat-laun Indonesia akan menjadi negara kreatif limbah. Jika muncul pertanyaan barang bekas seperti apa yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku industri kerajinan tangan (Handycrafts) Sesungguhnya, semua barang bekas bisa diolah menjadi bahan baku kerajinan tangan yang memiliki nila seni dan nilai jual yang tinggi. Hal ini tergantung kreativitas yang diupayakan. Meskipun, gagasan-gagasan untuk mengcreat barang bekas pakai tersebut tidak harus dari diri-sendiri. Mengingat saat ini sudah cukup banyak sumber referensi kerajinan tangan dari barang bekas pakai di jejaring media (internet) yang bisa dijadikan contoh. Barang bekas pakai yang biasa digunakan sebagai bahan baku kerajinan tangan diantaranya adalah kain perca, kertas, kardus bekas, botol bekas, dan aneka logam atau kaleng-kaleng kemasan. Barang-barang bekas tersebut sangat banyak yang telah diusahakan menjadi produktivitas material baru dan bisa menjadi contoh hasil industri kerajinan tangan yang bisa kita gunakan sebagai referensi dalam membuat kerajinan tangan dalam bentuk yang lain. Berikut beberapa contoh kerajinan tangan dari barang bekas yang terbuat dari barang-barang bekas pakai. Pot Bunga dari Botol Bekas, ketimbang dibuang begitu saja botol bekas air minum, akan dapat menimbulkan ekses produktif botol bekas tersebut dimanfaatkan sebagai bahan baku membuat pot bunga. Bahan pendukung dan cara membuat kerajinan tangan dari botol bekas tersebut sangatlah mudah.Bahan pendukung dan peralatan yang perlu disiapkan seperti botol bekas, cutter, perlengkapan cat, dan perlengkapan tanaman. Dengan bahan dan peralatan tersebut, setiap individu sudah bisa membuat kerajinan tangan dari botol bekas.Langkah pertama adalah memotong botol bekas sesuai dengan pola yang telah dipersiapkan. Setelah botol dipotong, langkah selanjutnya adalah mengecat botol bekas tersebut, lalu lengkapi dengan tanaman. Pot bunga dari botol bekas sudah jadi dan bisa diletakkan di media sekitar spasi ruang rumah. Gampang, kan? Burung hantu dapat dibuat dari bahan baku kardus, apabila di rumah memiliki kardus bekas yang sudah tidak dugunakan lagi. Memang akan lebih baik kardus-kardus bekas itu dimanfaatkan menjadi kerajinan tangan yang bisa menjadi hiasan rumah setiap orang, daripada kardus bekas tersebut kamu jual dengan harga yang sangat murah atau kamu buang begitu saja. Kerajinan tangan dari kardus bekas tersebut yang bisa dibuat seperti burung hantu dari kardus-kardus bekas. Kerajinan tangan berbahan kardus bekas itu bisa dijadikan hiasan di rumah. Apalagi bahan yang dibutuhkan dan cara membuatnya sangat mudah.Bahan yang diperlukan dalam membuat kerajinan tangan dari kardus bekas berbentuk burung hantu itu diantaranya adalah kardus bekas, cutter, cat, lem, dan dekorasi kreatif. Hanya dengan bahan dan peralatan tersebut siapapun sudah bisa membuat barang-barang hasil kerajinan tangan. Cara membuatnya diperlukan beberapa proses pengerjaan, antara lain pemilihan bahan baku atau pemilihan kardus bekas, memotong kardus, membentuk kardus, dan menghias kardus. Hanya denganlangkah-langkah tersebut, bagi siapa pun sudah bisa menghasilkan produk kerajinan tangan. Mau membuat jam dinding dari koran bekas misalnya, bukan perkara yang rumit untuk membuat jam dinding dari koran bekas, daripada koran bekas tersebut berantakan di gudang rumah dan menjadi sampah atau dijual dengan harga yang sangat murah. Cara membuatnya pun sangat mudah. Cukup menyiapkan koran bekas, lem, dan perangkat jam dinding. Langkah kongkrit pertama adalah dengan memotong koran dan menggulungnya. Satukan gulungan tersebut membentuk jam dinding sebagaimana prototipe yang telah dirancang sebelumnya. Beri mesin jam dan petunjuk waktu. Jam dinding dari koran bekas sudah siap diaapasang di dinding. Membuat burung merak dari sedotan air m inum. Barangkali kerajinan tangan dari sedotan berbentuk burung merak ini termasuk kerajinan tangan yang memiliki tingkat kesulitan yang agak tinggi dan butuh ketelitian dibandingkan contoh kerajinan tangan dari barang bekas sebelumnya. Penambahan langkahnya hanya perlu banyak latihan, tekun, sabar dalam menyusun ratusan sedotan agar terbentuk seperti burung merak. Supaya hasilnya sempurna, gunakan variasi warna dalam membuat kerajinan tangan dari sedotan berbentuk burung merak. Menciptakan lukisan dari kain perca apakah mungkin bisa dilakukan? Mengapa tidak lukisan memang bisa dibuat dari bahan kain perca. Jika karya lukis itu sudah jadi rasanya tidak akan tampak seperti terbuat dari kain perca. Tentu saja pembuatanya diperlukan memiliki keahlian yang cukup tinggi dalam bidang seni lukis dan mampu memanfaatkan kain perca menjadi sebuah lukisan. Ingin membuat aneka kreasi bantal dari kain perca Kerajinan tangan dari kain perca cukup gampang dibuat jika kita rajin belajar. Salah satu bentuk yang bisa digunakan untuk mewujudkannya adalah sarung bantal dari kain perca. Dengan memanfaatkan kain perca, bisa dibuat menjadi bantal yang unik dan lucu. Keset unik dari bahan baku kain perca. Sering kali keset di rumah kotor atau basah, akan tetapi tidak jarang stok pengganti tidak dimiliki, sehingga harus menunggu keset yang kotor atau basah di cuci dan telah kering. Padahal, jika mau memanfaatkan kain perca, maka siapa pun bisa membuat keset sendiri. Kain perca tersebut dibuat untuk kerajinan tangan dari kain perca berbentuk keset. Sehingga kita memiliki stok keset yang banyak. Ini sekedar pembahasan kecil mengenai kerajinan tangan dari barang bekas pakai. Semoga ke depan siapa saja akan memiliki ketertarikan untuk mengolah barang-barang bekas pakai di rumah tangga, Yuk Mari!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap pak

02 Jun
Balas



search

New Post